Hikmah Membaca

Hello sobat wordpress😀

Sudah lama nih gak posting mengenai manfaat dari apa yang biasa kita lakukan. Saat ini, saya akan membahas mengenai “Membaca”. Membaca merupakan sebuah kegiatan unik, makin dibaca buku, makin banyak yang belum diketahui. Semakin banyak yang dibaca, semakin haus akan ilmu. Itulah membaca, apa lagi kalau membacanya dengan dia, bisa teman, bisa sahabat, bisa kekasih, bisa suami atau istri. Ya membaca bisa dijadikan arena untuk diskusi, bisa dijadikan sarana untuk menambah keakraban dengan sesama. Dengan membaca juga bisa menambah kawan, karena ketika bicara suatu masalah dengan orang lain langsung ”nyambung”!

Jadi, apa sih hikmahnya membaca? Banyak sekali diantaranya sebagai berikut:

Pertama, membaca jelas menambah pengetahuan, ini tak bisa dipungkiri oleh siapapun, semakin banyak orang membaca semakin tambah pengetahuannya. Yang tadinya sesuatu tidak diketahui, maka dengan membaca sesuatu itu diketahui, tanpa orang lain memberi tahu.

Kedua, membaca buku paling praktis, buku bisa anda bawa kemana saja, tanpa protes! Buku bisa dibawa dan dibaca kemana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, tanpa membedakan pangkat, golongan, jabatan, suku, bangsa, agama dan sebagainya. Buku itu netral, nilai postif dan negatifnya tergantung pada apa yang dibaca oleh manusia.

Ketiga, buku adalah sahabat, teman dan guru yang paling bijak, apapun masalah yang dihapi manusia, dengan bukan ada solusinya, buku bisa memecahkan segala masalah yang ingin diketahui manusia. Karena buku adalah kumpulan dari berbagai macam pemikiran manusia sedunia dan anda bisa “bertemu” dengan professor manapun di dunia dengan buku!

Keempat, buku merupakan sarana yang paling praktis untuk membuka jendela dunia, bahkan jendala akherat. Anda bisa mengetahui sesuatu apapun, baiak tentang dunia maupun akherat tanpa harus keliling dunia atau mati lebih dahulu. Iyakan? Masa untuk mengetahui azab kubur, surga dan neraka, kita harus mati dulu? Sedangkan dalam sejarah, tak pernah kita mengetahui bahwa manusia bisa hidup setelah mati dan mengabarkan tentang azab kubur!

Kelima, buku merupakan sarana yang paling hebat dan paling mudah untuk mengetahui sesuatu, walaupun sudah ada internet, tapi internet punya kelemahan tak bisa dibawa ke dalam hutan atau naik kepuncak gunung!

Keenam, buku merupakan media diri kita dalam belajar bekata-kata. Semakin banyak buku yang dibaca, maka akan semakin banyak pula perbendaharaan kata yang kita miliki. Dengan banyak membaca buku, kita dapat berbicara, menulis, bersastra dengan menggunakan bahasa yang baik. Baik untuk kita sebagai yang menyampaikan, dan baik untuk orang lain sebagai pembaca atau pendengar dari yang kita sampaikan.

Semoga dari postingan ini kita semua menjadi orang yang gemar membaca dan haus akan ilmu, MARI GEMAR MEMBACA🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s