Tugas 2 Pengantar Bisnis

 Oleh: AHMAD FAJRI SHAUTI/ 20212431/ 1EB06

“Analisis penciptaan inovasi terhadap produk sebagai kunci dari keberhasilan memperoleh keuntungan besar pada bisnis catering”

Di dalam berbisnis, inovasi merupakan salah satu point dari beberapa sub strategi bisnis yang ada. Point tersebut sangat berperan aktif baik pada saat awal dimulainya, mengembangkannya, hingga mempertahankan bisnis tersebut. Bisnis catering merupakan bagian dari industri makanan yang perkembangannya tidak ada matinya, sehingga para pebisnis catering pun harus menghadapi keadaan yang terjadi pada target pasar dan selera dari target pasar yang selalu berubah-ubah.

Seiring dengan semakin beragamnya kondisi yang terjadi dan selera target pasar, para pebisnis catering ini mulai memutar otak dengan melakukan inovasi terhadap produknya, agar produk yang mereka tawarkan dapat menghasilkan suatu keuntungan yang besar dan signifikan.

Melakukan suatu inovasi di dalam kegiatan bisnis dapat diartikan sebagai pemanfaatan dari sebuah momen yang terjadi di sekeliling kita, yang kemudian dijadikan sebagai suatu peluang yang menguntungkan terhadap bisnis yang kita jalani. Di dalam bisnis catering, penerapan inovasi secara mudah dapat dilakukan terhadap Produk.

Mengapa saya mengatakan bahwa inovasi dapat dilakukan secara mudah hanya terhadap aspek Produk? Itu semua karena Produk merupakan aspek perusahaan yang paling mudah diubah dalam jangka pendek maupun jangka panjang, yang efeknya pun terhadap perusahaan cukup tinggi menghasilkan keuntungan dan cukup sedikit mendatangkan kerugian. Memang dalam penciptaan inovasi kita juga membutuhkan modal sebagai riset dan perumusan dari penciptaan inovasi, namun di situ lah resiko yang harus kita ambil. Karena untuk memperoleh keuntungan yang tinggi, kita juga perlu memberanikan diri untuk menghadapi dan mengatasi resiko yang akan kita alami.

Berikut ini saya akan memberikan analisa yang lebih mendalam mengenai pemikiran saya soal inovasi yang dapat dilakukan terhadap Produk dan contoh yang relevan yang mudah diterapkan pada bisnis catering.

–          Produk

Melakukan inovasi terhadap produk merupakan bagian utama dari cara para pebisnis membuat peluang untuk menggaet target pasar sebanyak-banyaknya sehingga mendatangkan keuntungan yang besar. Produk di dalam bisnis catering bisa kita persempit dengan kata Menu Makanan.

 

Contoh studi kasus yang saya ambil, pada saat ini di Kota Depok ada program dari Pemerintah Kota Depok yang disebut One Day No Rice (Satu hari tanpa mengkonsumsi nasi). Program ini bergerak dalam basis peningkatan ketahanan pangan dengan mengganti makanan pokok olahan beras menjadi makanan pokok dari olahan hayati lain. Program ini pada awalnya difokuskan kepada warga Depok di kalangan pemerintahan.

 

Kaitannya dengan bisnis catering, di dalam kondisi ini kita memperoleh target pasar baru yaitu para pegawai pemerintahan yang notebenenya sangat sibuk dan cukup kerepotan apabila harus menyiapkan sarapan atau bekal makan siang dengan makanan pokok non olahan beras. Maka dari itu, saya berinovasi untuk membuat olahan makanan pokok yang berasal dari non beras, seperti ubi, kentang, dan lain-lain yang dimasukkan ke dalam pilihan Menu Makanan yang akan kita tawarkan pada saat promosi. Sehingga, menu baru ini menjadi suatu senjata ampuh bagi perusahaan catering untuk menjalin relasi dengan lingkungan pemerintahan agar merela memesan catering kepada perusahaan catering kita. Dengan memanfaatkan momen program One Day No Rice, inovasi tersebut mendorong perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

 

Di sini lah pentingnya inovasi dalam berbisnis, hanya dengan modal lebih peka terhadap lingkungan dan berani untuk melakukan riset, maka kunci keberhasilan untuk memperoleh keuntungan yang besar dan signifikan dari bisnis catering dapat kita peroleh.

 

Demikianlah pemikiran saya mengenai analisa penciptaan inovasi terhadap produk sebagai kunci dari keberhasilan memperoleh keuntungan besar pada bisnis catering, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s