PKTI 2C #part1

Hello sobat wordpress🙂

Muncul kategori baru nih, abisnya ngerasa butuh aja buat ngeposting apa yang udah dipelajarin hehe. Berhubung ini perdana jadi ya banyak basa basi nya dulu yaaaa.

Hari pertama kuliah tuh rasanya menggebu-gebu banget yah semangatnya hehehe. Semangat buat menggali ilmunya, sama semangat buat berbaginya. Langsung aja, sesuai dari kategori dan judul postingan ini saya akan berbagi tentang yang baru saya pelajarin di setiap perkuliahan. Di semester 2 ini, untuk mata kuliah PKTI 2C akan memepelajari 2 hal penting yaitu mengenai internet dan programming. Untuk konsentrasinya akan bagaimana, ikuti terus yaa postingan saya setiap minggunya. Oke, udah terlalu banyak nih basa basinya.. Lets, check this out xixixixi.

Internet

Apa sih internet itu?
Banyak sekali definisi mengenai internet tersendiri, secara sempitnya internet itu merupakan singkatan dari International Networking. Jika sudah berbicara mengenai International dan Networking, sudah dipastikan bahwa hal ini berkaitan dengan suatu kumpulan dengan jangkauan yang luas. Dalam arti harfiahnya, internet merupakan komunikasi antara komputer-komputer user (client) dengan server untuk bertukar informasi secara global.

Pada kondisi seperti ini, client dan client dapat berkomunikasi karena terhubung dengan perantara server yang telah distandarisasikan oleh penerjemah atau yang biasa kita sebut dengan istilah protokol. Protokol sampai saat ini yang berfungsi untuk ber-intenet ria kita kenal dengan TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) yang wujudnya sampai saat ini bisa kita sebut dengan URL (Uniform Research Locator) yang contohnya itu===> http://www. 

Kembali lagi mengenai internet..
Internet tidak diketahui siapa yang memiliki. Namun, ada badang yang mengatur/ membuat aturan di dalam internet. Badan yang memiliki peran untuk mengatur internet adalah W3c.org (World Wide Web Consorsium). Pemimpinnya adalah Tim Berners Lee (pembuat HTML/ Hypertext Markup Language), semenjak adanya teknologi HTML internet mulai dapat digunakan pada tahun 1992.

Membuat Website

Website dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Website Statis
    Komunikasi antara user dengan website tidak bisa 2 arah.
  2. Website Dinamis
    Komunikasi antara user dengan website bisa secara 2 arah.

Untuk membuat suatu Website, ada 2cara yaitu :

  1. CMS (Content Management System), seperti: zoomla, blog, moodle.
  2. Program Pembuat Perintah-perintah, seperti: HTML, XML, CSS, SQL, PHP, JAVA, ASP, dan SQL SERVER.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari pembuatan Website Statis melalui metode Program Pembuat Perintah-perintah. Untuk membuat suatu Website Statis kita harus memiliki aplikasi:

  1. Editor: semua aplikas pengolah kata (Ms.Word, notepad, wordpad). Dengan format ekstensi penyimpanan file .htm  (dibaca: dot htm)
  2. Eksekusi: semua aplikasi browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Internet Explorer). Berfungsi untuk mempreview perintah-perintah yang telah selesai kita buat.

Setelah mengetahui apa saja yang harus kita miliki sebelum memulai untuk mebuat website statis, kita perlu mengetahui aturan-aturan dalam menuliskan kode-kode program perintah untuk membuat website dengan basis HTML. Berikut ini adalah aturan-aturan yang harus kita perhatikan, diantaranya:

  1. Penulisan tag HTML boleh mempergunakan huruf besar seluruhnya (HTML) atau huruf kecil seluruhnya (html) atau kombinasi (hTmL). Hal ini dikarenakan, basis HTML memiliki sifat tidak key sensitive. Namun, disarankan ketika ingin membuat perintah program website menggunakan huruf kecil seluruhnya untuk mengarah ke java.
  2. Tag html pada umumnya berpasangan, tetapi ada juga yang tidak wajib ditulis pasangannya, bahkan ada yang tidak punya penutup sama sekali. Berikut ini adalah contoh tag html yang paling dasar:tabel tag
  3. Format penulisan tag html pada editor walaupun banyak penekanan spasi dan enter tidak akan dieksekusi oleh web browser. Contoh: <html><head><title>my web</title></head> …. dst.
  4. Jika tampilan informasi di web menggunakan format tag yang banyak, maka tag penutupnya tidak boleh berpotongan. Hai = <b><u>Hai</u><b>

Berikut ini adalah contoh kode dan preview web statis buatan saya:
*tag-tag html di notepad

tag baru

*preview tag

preview tag

Okey sobat wordpress…
Demikian yang bisa saya share dari yang saya dapatkan di minggu pertama ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s