Dasar Analisis Teknikal

Merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengevaluasi saham dengan berbasis pada data statistik yang dihasilkan dari aktivitas perdagangan saham, seperti harga saham dan volume trannsaksi.

Satu dasawarsa terakhir, analisis teknikal sangat popular di pasar saham. Mulai dari investor, analis, pengamat besar, bahkan manajer investasi, sering menyertakan analisis teknikal dalam setiap kesempatan. Analisis teknikal ini merupakan upaya memperkirakan harga saham (kondisi pasar) dengan mengamati perubahan harga saham tersebut (kondisi pasar) di waktu yang lalu. Secara singkat, analisis teknikal dapat dikatakan sebagai analisis sekuritas dengan menggunakan grafik harga dan volume historis.

Analisis teknikal digunakan untuk mengetahui tren atau kondisi psikologis sebuah pasar. Analisis teknikal pada dasarnya merupakan upaya untuk menentukan kapan akan membeli (masuk ke pasar) atau menjual saham (keluar dari pasar), dengan memanfaatkan indikator-indikator teknis ataupun menggunakan analisis grafis. Beberapa indikator teknis yang sering dipergunakan adalah moving average, stochastic oscillator, relative strength index, volume perdagangan, dan lain-lain. Sedangkan pola-pola chart yang sering digunakan antara lain head and shoulders, double tops, triple tops, dan ascending and descending triangles.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s