KELAS 01 ITU, SUPER!

Nama saya Ahmad Fajri Shauti, kalian bisa panggil saya Fajri. Memiliki identitas sebagai mahasiswa di univesitas ini seringkali dianggap sinis oleh sebagian orang, bahkan cukup bermacam-macam cara orang dalam menilai para mahasiswa universitas ini. Tapi, bagi saya dimanapun saya berada saya harus menjadi yang terbaik di tempat tersebut dan jikalau terlalu banyak sisi negatif di tempat saya berada, saya harus menjadi sisi positif dari tempat tersebut.

Berbicara mengenai sisi positif di dalam dunia akademis tentunya tidak jauh dari kata cerdas, aktif, prestatif atau bahkan beripikir out of the box. Kata tersebut saya simpulkan pada saat saya di universitas ini memasuki “kelas 01”. Kelas ini merupakan kelas yang cukup dinamis, meski pada awalnya agak pasif dalam bergaul sesama karena notabene mereka adalah para mahasiswa pilihan dari 27 kelas pada angkatan 2012, namun lama kelamaan bisa menjadi kondusif dan aktif. Saya ingat betul ketika saya baru memasuki kelas ini, sunyi, individualis, dan cukup penuh, hampir 45 orang yang mengisi kelas ini sampai pada akhirnya program beasiswa sarjana magister memisahkan kami dengan beberapa orang yang mengambil program tersebut.

Waktu terus berjalan, rutinitas semakin padat, dan interaksi satu sama lain semakin terjalin dengan baik melalui media tugas atau hobi yang sama. Disini, saya mulai menemukan hal-hal yang membuat saya harus mengatakan “kelas 01 itu, super!”. Kerap kali pada setiap sesi diskusi peran mereka sangat terlihat sebagai orang-orang pilihan, mulai dari kesiapan materi dan penampilan pada saat presentasi hingga bermunculannya pertanyaan-pertanyaan yang out of the box pada sesi pertanyaan. Tidak hanya itu, semangat belajar mereka sangat tinggi! ini terlihat pada fokusnya mereka pada saat dosen menjelaskan, bergerak cepat setiap baru diberikan tugas oleh dosen, dan satu lagi yang paling saya sukai yaitu jiwa kompetisi yang sangat mendominasi pada diri masing-masing anggota kelas ini.

            Gerak cepat dan berjiwa kompetisi merupakan dua hal yang saya selalu soroti. Belajar dan mengerjakan tugas secara tepat dengan target apresiasi yang sempurna dari dosen sudah sangat tertanam di benak para anggota kelas ini. Wajar jika kelas ini diposisikan secara berbeda dengan kelas lain, karena memang usaha mereka nyata. Semua bermula dari tekanan yang dirasakan sangat berbeda, tugas-tugas kelas maupun lab, dan gaya mengajar dosen yang mungkin kelas lain belum tentu sanggup untuk menghadapinya. Saya menganggap, mereka selalu berusaha maksimal dengan catatan “apa yang telah dilakukan oleh orang lain secara maksimal, adalah tingkat minimal bagi anggota kelas ini”. Hal-hal tersebut saya simpulkan sebagai bahan dasar dari proses pengembangan dan peningkatan kompetensi diri di masa perkuliahan. Sebuah batu bara tanpa tekanan yang kuat tidak akan menjadi berlian, ia hanya tetap menjadi sebuat batu bara. Maka, saya tidak sungkan untuk menyebut kelas ini dengan kalimat “KELAS 01 ITU, SUPER”.

Tinggalkan Balasan

