SEGALANYA BERADA DI TANGAN KITA SENDIRI

               “Kasih saya motivasi dong?”, “Terus saya harus bagaimana ya ?”. Dua kata tadi seringkali kita dengar bersama saat seseorang sedang mengalami masalah yang cukup berarti dalam hidupnya atau mungkin pada orang-orang yang sedang hampir putus asa dalam hal yang sedang ia perjuangkan.

            Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya diri kita sendiri dapat mengatasi masalah ini sendiri, namun pada situasi dan kondisi tertentu kita memang membutuhkan orang lain untuk menjadi pemberi saran dalam masalah yang kita hadapi, penenang diri kita, atau bahkan hanya untuk menjadi seorang pendengar yang baik dalam curahan hati mengenai problematika hidup yang dihadapi.

            Selama perjalanan hidup yang saya alami sampai detik ini, tidak jarang saya bertemu dengan kawan yang bercerita mengenai apa yang sedang ia hadapi dan membutuhkan saran mengenai apa yang harus ia lakukan dalam permasalahannya. Namun, yang saya temukan dalam setiap kasus ini mayoritas dari kawan yang saya telah berikan saran dia kembali lagi ke saya meminta jalan keluar permasalahan yang sebenarnya sama seperti sebelumnya.

            Dari kejadian yang saya sebutkan di atas, sebenarnya ketika kita memiliki masalah yang cukup berat, kita dapat menyelesaikan masalah kita sendiri tanpa meminta saran dari orang lain. Ada dua hal yang menurut saya terjadi pada diri orang tersebut. Pertama dia hanya menginginkan ada orang terdekat untuk menjadi pendengar yang baik bagi keluh kesah dirinya. Kedua, dia memang sebenarnya sudah tahu apa yang seharusnya dia lakukan untuk menyelesaikan masalah yang ia hadapi, namun memang ada sesuatu di dalam dirinya yang membuat ia tidak bisa tergerak untuk melakukan hal itu.

            Faktor yang kedua ini paling sering terjadi pada banyak orang, padahal apa yang akan  terjadi pada dirinya satu detik mendatang adalah hasil dari apa yang ia lakukan di satu detik sebelumnya. Jadi, siapakah yang sebenarnya penentu masa depan diri kita? Pasti jawabannya adalah diri kita sendiri. Maka dari itu, segala hal yang mengenai diri kita adalah berada di tangan kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

