Hal Menarik: Alam

The last one hal menarik yang sudah dan beberapa ada yang belum terealisasikan adalah keliling tempat-tempat yang mendekatkan saya pada alam dan segala ciptaan-Nya. Alam selalu mengingatkan saya pada salah satu pepatah minangkabau yaitu “alam takambang jadi guru”. Alam jadi ilmu, ilmu jadi amal. Manusia diberi akal, panca indera untuk berfikir dan meneliti mengolah alam jadi ilmu.

Menarik bagi saya ketika pergi ke persawahan. Melihat sawah perhatikan padinya. Banyak ilmu di dalamnya. Mengapa ia merunduk? Karena berat isinya dengan padi. Yang hampa akan tegak berdiri tak berguna. Maka dari sana saya dapat mencontoh ilmu padi semakin berisi semakin merunduk.

Lalu menarik pula bagi saya ke perhutanan dimana bayak pohon disana. Tak sedikit ilmu dari pohon. Saya senang dengan pohon banyak daunnya, disana pun saya dapat berteduh saat hujan atau panas. Senang pula saya dengan pohon berkayu kokoh tempat bersandar atau beristirahat dan akar yang kuat untuk menopang dirinya yang dibutuhkan orang banyak. Maka dari sanalah saya belajar menjadi orang besar yang banyak ilmunya tempat orang bertanya, bersih dan kuat hatinya tempat bersandar orang dalam susah, kuat pula kaki dan semangatnya untuk menopang diri yang dibutuhkan dan berguna bagi orang banyak.

Carilah ilmu diketinggian langit, hamparan bumi yang terbentang. Carilah ilmu di kedalaman laut dia ada di tetesan air yang turun dari langit. Pandangilah! Ia berada di perbesaran angin dan awan yang berarak.

Sedang buntal bayang-bayang, sedang terjulur lidah anjing, sedang teriknya matahari. Terlihat seekor induk ayam duduk berlindung di bawah sebuah pohon. Mengerami anak -anaknya di bawah sayapnya.

Itulah mengapa alam dan seisinya adalah hal yang menarik untuk saya. Kita bisa bersantai dan bahkan menjadi murid dalam kampus kehidupan.

Enjoy it guys !

Tinggalkan Balasan

