Hal Menarik: Belajar Pasar Modal

Pasar modal merupakan hal yang cukup asing di kalangan mahasiswa jurusan akuntansi, karena di jurusan ini sangat jarang materi pasar modal di pelajari. Mungkin pernah dibahas di mata kuliah bank dan lembaga keuangan, tapi menurut saya sangat sedikit materi yang disajikan yaitu hanya seputar struktur dan bagaimana kelembagaan dari pasar modal di Indonesia tersebut. Padahal pasar modal sangatlah menarik, untuk itu saya mulai menambah konsentrasi saya dalam belajar tidak hanya seputar jurusan akuntansi saja, melainkan mengenai pasar modal.

Ketertarikan saya mempelajari pasar modal secara lebih mendalam berawal dari keikutsertaan saya dalam Kompetisi Nasional Pasar Modal 2013. Saya benar-benar mempelajari ini dari nol, karena saat itu saya masih berada di semester 2. Berbekal semangat untuk mempelajari hal baru yang saya yakin ini akan bermanfaat bagi diri saya di kemudian hari, saya langsung mencari buku-buku dan referensi mengenai pasar modal. Setelah mendapatkan buku sebagai referensi, saya mulai mempelajari apa yang ada di dalam buku tersebut.

Setelah saya membaca buku tersebut, pikiran saya terasa terbuka dengan lebar bahwa pasar modal itu sangat kompleks. Banyak hal yang diperhatikan pada pasar modal, apalagi jika kita mempelajarinya dalam sisi analisis investasi. Terdapat dua metode analisis investasi yang selalu digunakan oleh para analis yaitu analisis fundamental dan teknikal.

Analisis fundamental merupakan analisis berdasarkan faktor fundamental dari suatu emiten yang akan kita analisa dan memungkinkan kita jadikan sebagai target investasi. Tidak sampai disitu, kita perlu juga memperhatikan kondisi ekonomi negara, aksi-aksi korporasi, dan berita-berita ekonomi internasional yang memiliki sensitifitas tinggi terhadap gejolak aktivitas di pasar modal.

Analisis teknikal merupakan analisis berdasarkan pergerakan harga yang diamati dari grafik berupa candle stick/line/bar. Di dalam analisis ini kita dapat menguji bagaimana potensi pergerakan dari suatu harga saham di saat yang akan datang, apakah harga saham tersebut akan mengalami kenaikan atau bahkan penurunan. Pengujian ini tidak hanya sebatas menggunakan mata telanjang saja dengan melihat bentuk grafik, namun kita memerlukan alat uji yang disebut indikator untuk melihat potensi dari grafik tersebut.

Menarik bukan? kita tidak hanya menjadi mahasiswa biasa ketika mendalami pasar modal. Karena pengetahuan sepeti ini merupakan pengetahuan yang sangat langka untuk didapatakan di kelas biasa. Sungguh hal menarik yang paling bermanfaat bagi hidup saya ketika dapat mempelajari hal baru yang dapat bermanfaat bagi kehidupan saya di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

